Untuk Pemesanan Tlp 0822 7386 3639 WhatsApp ke 0822-7386-3639
Obat Herbal Gatal Eksim

Jual Obat Herbal Eksim De Nature Indonesia

Cara Mengobati Penyakit Eksim Kering

Cara Mengobati Penyakit Eksim Kering _ Tahukah Anda apa itu penyakit eksim? Penyakit eksim atau yang biasa disebut eksema atau dermatitis,adalah suatu peradangan hebat yang terjadi pada kulit. Kulit yang radang ini akan terlihat memerah dan lama-kelamaan akan muncul benjolan-benjolan kecil yang berair. Benjolan tersebut dengan beselangnya waktu akan pecah dan mengeluarkan cairan, eksim yang mengeluarkan cairan ini disebut eksim basah. Sementara eksim kering adalah kelanjutan dari eksim basah. Karena eksim basah jika dibiarkan tidak diobati lama-kelamaan akan mengering dan terlihat seperti kulit mati. sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengobati penyakirt eksim kering, marilah kita bahas mengenai pengertian penyakit eksim terlebih dahulu.

Perbedaan Penyakit Eksim Kering dan Basah

Perbedaan penyakit eksim kering dan basah ini dapat dibedakan dari ciri-cirinya sbb :

Ciri-Ciri Gatal Eksim Basah :

  1. Warna Memerah, eksim basah cenderung memilki warna yang memerah karena untu jenis gatal penyakit eksim yang satu ini biasanya masih baru. Lalu terlihat bentol-bentol kecil yang berwarna merah, dan masih terkandung cairan didalamnya. Disamping itu Jika tidak diobati eksim jenis ini lama- kelamaan akan pecah dan menjadi semakin parah.
  2. Rasa Gatal yang sering terjadi. Beberapa Gatal pada eksim basah memang akan sering terjadi itu desebabkan bakteri yang masih sangat aktif pada permukaan kulit.
  3. Relatif lebih mudah untuk diobati, mengapa eksim ini disebut relatif lebih mudah untuk diobati, karena penyakit eksim basah tergolong masih baru atau awal gejala, sehingga pengobatannyapun relatif lebih mudah.Oleh karena itu segera obati sebelum semakin parah

Cara Mengobati Penyakit Eksim Kering

Ciri -Ciri Eksim Kering :

  1. Warna lebih hitam, hitam ini sebenarnya indikasi bahwa sudah ada pengeringan, karena sel kulit usianya 28 hari, maka hitam ini tanda kulit mati.
  2. Gatal tidak selalu, muncul sewaktu-waktu saja. Eksim kering sifat gatalnya hanya beberapa waktu saja, misal malam hari atau sehabis makan makanan yg menjadi penyebab gatal, ayam potong, lele, gurame.
  3. Sifatnya lebih lama, eksim kering biasanya terjadi sudah lama, berumur antara 1 tahun lebih. Disamping itu Eksim kering bisa bertahan bertahun-tahun jika tidak segera diobati.

Penyebab Penyakit Eksim

Dari beberapa tipe gejal yang diderita penyebab penyakit eksim dapat dibedakan menjadi 4 yaitu :

  1. Eksim atau Dermatitis atopik: salah satu jenis eksim yang paling sering dijumpai dan merupakan penyakit turunan. Mengapa disebut turunan, karen Dermatitis atopik umumnya dimulai ketika bayi dan masih anak-anak dengan gejala berupa gatal, radang kulit, Disamping itu pada sebagian penderita penyakit ini sering timbul asma dan demam (hay fever).
  2. Eksim atau Dermatitis kontak adalah suatu gejala yang meliputi dermatitis kontak alergik(alergi) dan iritan(iritasi) . Dermatitis kontak alergik disebabkan oleh reaksi yang memicu pada kekebalan tertunda (delayed immune system) akibat kontak kulit dengan senyawa alergenik(alergi) sehingga menyebabkan radang kulit dalam 48 jam setelah paparan terjadi. Beberapa bahan2 yang menjadi penyebab eksim jenis ini adalah jelatang, parfum, pengawet kosmetik, metal, dan pewarna. Dermatitis kontak iritan(iritasi) terjadi karena paparan senyawa iritan yang dapat merusak kulit secara kimiawi, contohnya seperti sabun yang berbahan keras, deterjen, dan produk pembersih lainnya. Senyawa iritan tersebut dapat menghilangkan minyak dan kelembaban dari lapisan luar bagian kulit, kemudian merusak lapisan pelindung dan memicu terjadinya peradangan pada area kulit.
  3. Eksim numular eksim yang biasanya berhubungan dengan kulit kering dan terjadi pada bagian arae luar dari kaki , tangan, dan lengan.
  4. Eksem stasis: jenis eksim kronis pada daerah bawah kaki bagian dalam yang juga berkaitan dengan varises.

Cara Mencegah Penyakit Eksim

  • Gunakan pakaian non iritasi

Kenakan pakaian yang tidak ketat, sehingga dapat menghindari tubuh mengalami garal-gatal yang biasanya lebih diakibatkan oleh bahan dari pakaian tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kain dengan tekstur yang lebih lembut, seperti kain katun dan sutra. Anda juga harus memperhatikan deterjen yang dipakai untuk mencuci pakaian-pakaian tersebut. Membilas pakaian yang tidak sempurna dapat meninggalkan residu yang ternyata berkontribusi besar terhadap munculnya eksim.

  • Hindari sabun yang dapat mengiritasi

Ada banyak sabun yang mungkin bisa menjadi penyebab timbulnya eksim, misalnya saja deterjen pencuci baju, pencuci piring, sampo, desinfektan dan parfum. Untuk menghindari semua itu, cobalah mencari produk pencuci atau sabun yang tidak memiliki komposisi bahan kimia yang berbahaya pada kulit. Usahakan untuk menggunakan sabun berbasis bahan nabati yang alami.

  • Menjaga kebersihkan rumah

Salah satu penyebab dari eksim adalah alergi yang dibawa oleh debu, bulu-bulu hewan peliharaan, serbuk sari dari tanaman maupun kotoran dan ketombe yang melayang. Oleh sebab itu, cara mencegah penyakit eksim yang terbaik adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun luar rumah.

  • Minimalkan stres

Dalam banyak penelitian disebutkan bahwa eksim dan penyakit kulit lainnya sangat berhubungan erat dengan keadaan psikologis Anda. Oleh sebab itu, mengurangi risiko stres mampu mencegah eksim itu sendiri.

  • Konsumsi makanan sehat

Cara mencegah penyakit eksim adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat. Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan manfaat berupa nutrisi yang dapat menjaga kelembapan serta kekuatan jaringan kulit. Dengan ini, bakteri, jamur dan virus akan sulit untuk menginfeksi kulit Anda. Selain itu, usahakan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memicu kerusakan kulit, terlebih jika membuat kulit lebih banyak mengeluarkan minyak.

Pantangan Makanan Yang Harus Di Hindari Penderita Eksim

Bagi penderita jenis penyakit ini harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Karena jika makanan yang harus dihindari tetapi tetap dikonsumsi maka akibatnya penyakit eksim akan susah disembuhkan atau akan semakin parah. Oleh karena itu cobalah hindari makanan-makanan berikut.

Berikut makanan yang harus dihindari oleh penderita eksim :

  • Ikan dan Daging

Kedua makanan ini harus dihindari karena dapat menimbulkan dampak alergi bagi penderita eksim.

  • Kacang-kacangan

Jenis makanan kacang juga dapat menimbulkan alergi, itu sebabnya bagi penderita eksim tidak boleh mengkonsumsi jenis makanan ini.

  • Telur

Jika penderita eksim mengkonsumsi telur, maka akan akan merangsang timbulnya alergi.

  • Susu Sapi

Susu sapi sangat baik untuk kesehatan, tetapi hal ini tidak berlaku bagi penderita eksim. Karena kandungan protein kasein dalam susu dapat merangsang timbulnya alergi.

  • Tepung Terigu (Gandum)

Gluten gandum dapat menyebabkan penyakit celiac yaitu dapat merusak lapisan usus dan mencegah penyerapan nutrisi penting.

Cara Mengobati Penyakit Eksim Kering

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati penyakit eksim kering yang mudah diperoleh dialam, diantaranya sbb:

  1. Cara mengobati penyakit eksim kering yang pertama. Daun Meniran Siapkan 1 sdm daun meniran, 1 rimpang temulawak dirajang, 15 lembar daun remujung, dan air. Cuci semuanya, kemudian direbus. Biarkan hingga dingin, tambahkan gula batu. Lalu diminum
  2. yang kedua cara mengobati penyakit eksim kering dengan Daun Bayam Cuci daun bayam hingga bersih. Rebus hingga mendidih. Gunakan airnya untuk mengompres kulit. Lakukan kurang lebih selama 30 menit.
  3. Daun Ketepeng Siapkan daun ketepeng, daun asam muda, dan sepotong kunyit. Di Cuci, kemudian ditumbuk. Terapkan pada kulit yang terkena eksim.
  4. Biji Bungur Siapkan ½ genggam biji bungur, 1 rimpang kunyit, 3 lembar daun ketepeng, dan 2 sdm minyak kelapa. Biji bungur disangrai, kemudian semua bahan ditumbuk. Tuangkan minyak kelapa sambil diremas. Ramuan alami ini dapat diterpakan pada kulit eksim sebagai obat gosok, kemudian dibalut dengan kain bersih. Lakukan 2 kali sehari.
  5. Kangkung Segar Siapkan kangkung yang masih segar secukupnya. Cuci hingga bersih, lalu rebus selama sekitar 15 menit. Airnya dapat digunakan untuk membasuh kulit yang terkena eksim. Itulah beberpa obat untuk penyakit eksim dari alam. Namun jika Anda ingin cara mengobati penyakit eksim kering yang lebih praktis maka silahkan baca lebih lanjut.

 

INFO PEMESANAN
Related Posts
obat penyakit eksim Alami
obat penyakit eksim Alami_ Apakah anda sedang menderita kulit badan...
Obat Gatal Eksim Kulit Ampuh
Obat Gatal Eksim Kulit Ampuh_ Pada arrtikel kali ini saya akan...
Obat Penyakit Gatal eksim yang Herbal
Obat Penyakit Gatal eksim yang Herbal_ Penyakit gatal eksim sering...
Macam Macam Penyakit Kulit Yang Berbahaya
macam macam penyakit kulit yang berbahaya_pada kesempatan ini Saya...
nama obat alergi kulit resep dokter
Nama obat alergi kulit resep dokter_ Pada kesempatan kali ini saya...
Obat Gatal Gatal Seluruh Badan
Obat Gatal Gatal Seluruh Badan _ Gatal Seluruh badan memang sering...
obat tradisional untuk eksim pada bayi
Obat tradisional untuk eksim pada Bayi_ Pada tahap kali ini saya akan...
Cara Mengobati Penyakit Eksim Pada Pria
Cara Mengobati Penyakit Eksim Pada Pria _ Penyakit eksim adalah...
Cara Mengobati Penyakit Eksim Basah
Cara Mengobati Penyakit Eksim Basah _ Penyakit Eksim yang dikenal...
© 2015 - ObatHerbalGatalEksim.com All Rights Reserved